Home / Politik

Jumat, 2 Februari 2024 - 14:07 WIB

Ini Lima Komisioner KPU Sikka 2024-2029, Siapa Bakal Ketua?

MAUMERE-LENTERAPOS.ID, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia akhirnya mengumumkan 5 komisioner KPU Kabupaten Sikka periode 2024-2029.

Keputusan tersebut tertuang dalam Keputusan KPU Nomor 130 Tahun 2024 tentang Penetapan Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota pada 30 Kabupaten/Kota di 9 Provinsi Terpilih Periode 2024 – 2029.

Lima komisioner KPU Kabupaten Sikka 2024-2029 yakni; Harun Al Rasyid, Herimanto, Ignasius Irvanto Chandra Say, La Hajimu dan Yosef Fredianus Boy Gapo. Rencananya, kelimanya akan dilantik pada 4 Februari 2024.

Dari kelima komisioner terpilih, 2 diantaranya tidak asing lagi dalam urusan penyelenggaraan pemilihan umum. Herimanto adalah komisioner KPU Kabupaten Sikka periode 2019-2024. Sementara Harun Al Rasyid adalah mantan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sikka 2018-2023. Sedangkan 3 lainnya adalah pendatang baru.

Baca juga  Kuasa Hukum Yakin Bukti Tak Kuat Menjadikan RKYMG “Pembunuh” ASN Di Jalan Brai

Melihat komposisi tersebut, lantas siapa yang paling berpeluang menduduki jabatan ketua?.

Sebagai Komisioner KPU Kabupaten Sikka periode 2019-2024, Herimanto tentunya sudah berpengalaman dalam penyelenggaraan Pemilu. Pun demikian dengan Harun Al Rasyid sebagai mantan pimpinan Bawaslu Kabupaten Sikka tentu juga sudah berpengalaman menjalankan pengawasan penyelenggaraan Pemilu.

Namun 3 komisioner terpilih lainnya; Ignasius Irvanto Chandra Say, La Hajimu dan Yosef  Fredianus Boy Gapo bukan juga figur biasa biasa saja. mereka diketahui aktif di beberapa organisasi meski dengan latar belakang profesi yang berbeda dengan Herimanto dan Harun Al Rasyid.

Baca juga  SPBU Waidoko Milik Pemkab Sikka Diduga Bangkrut

Menariknya, dari 5 komisioner KPU Kabupaten Sikka 2024-2029, 4 diantaranya adalah kader organisasi mahasiswa. Herimanto dan Irvanto Chandra Say adalah kader bentukan organisasi mahasiswa Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI). Sementara Harun Al Rasyid dan La Hajimu diketahui sebagai kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Sementara Yosef Fredianus Boy Gapo adalah pegiat LSM/NGO yang sudah malang melintang dalam urusan advokasi berbagai persoalan sosial kemasyarakatan di NTT. Ia tercatat pernah menjadi Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Sikka. Selain itu, ia juga memiliki latar belakang sebagai pegiat media di Kabupaten Sikka.

Baca juga  Sikka Satu Data, Pembangunan Lebih Efisien dan Tepat Sasaran

Dengan latar belakang profesi masing masing, kelimanya memiliki peluang yang sama untuk menjadi ketua. Tentunya, kelimanya akan bermufakat untuk menentukan siapa yang bakal  menduduki jabatan ketua.

Terlepas dari itu semua, publik berharap agar kelimanya bisa bertindak sebagai wasit yang netral dalam penyelenggaraan Pemilu 14 Februari 2024 dan Pilkada Sikka November mendatang. (red)

 

 

Share :

Baca Juga

Politik

Keberatan Ditolak, CV Bengkunis Jaya Surati PJ Gubernur NTT

Politik

Rayakan HUT ke-15, DPC Partai Gerindra Sikka ‘Berbagi Kasih’ Ke Sejumlah Panti Asuhan

Politik

Dihajar Hujan, Bupati Sikka Tetap Tanam Pohon

Politik

335 PNS di Sikka Beralih Jadi Pejabat Fungsional

Politik

Dana BTT Di BPBD Sikka Dianggarkan Juga Untuk Jurnalis

Politik

Pansus DPRD Sikka Panggil Para Pihak Terkait Proyek Hibah Air Minum Perumda Wair Pu’an

Politik

Bantu Rumah Layak Huni, Warga Desa Giriwono Sebut Ibu Puan Membawa Berkah Ramadan

Politik

Bupati Sikka Sebut Romanus Woga Sebagai Kandidat Calon Wagub NTT